Langkah-Langkah Membuat Keputusan Yang Efektif

              Hidup penuh dengan pilihan dan keputusan. Banyak di antaranya merupakan keputusan kecil, tapi adakalanya kita harus membuat keputusan sulit. Membuat keputusan yang baik sangt penting saat menghadapi keputusan yang bermakna, tapi membuat keputusan yang baik setiap saat juga penting.

         Ada berbagai jenis keputusan. Mulai dari yang samar-samar. Mulai dari yang samar-samar sampai yang sangat konkret. Ada keputusan yang harus segera dibuat, ada juga yang dapat ditunsa atau sama sekali tak perlu diputuskan.

               Keputusan yang kita buat kadang dibatasi banyak hambatan. Mulai dari keuangan, hubungan, pekerjaan, dan hal yang membuat lebih sulit lagi adalah sering kali terdapat lebih dari satu keputusan yang tepat dan lebih dari satu keputusan yang salah.

            Lalu bagaimanakah caranya agar kita dapat mengambil keputusan yang tepat dan efektif, berikut ini para ahli telah menemukan panduan untuk membuat keputusan yang bisa membantu kita berpikir dan akhirnya sampai kepada keputusan yang tepat dan efektf.
  • Pikirkan sifat dari masalah yang akan dipecahkan. Setiap keputusan adalah respons terhadap sebuah situasi. Situasi apa atau masalah apa yang harus diselesaikan.
  • Pikirkan semua kemungkinan pilihan yang Anda miliki. Buat daftar kemungkinan pilihan, termasuk yang aneh. Coba kreatif-keputusan apa yang bisa dibuat. 

  • Buat daftar rasional dan pilihan realistik. Bagi daftar kemungkinan keputusan menjadi pilihan yang benar-benar tidak realistis dan yang memungkinkan.
  •  Evaluasi pilihan-pilihan. Pikirkan keputusan yang kemungkinan bisa Anda buat secara realistis. Mana yang lebih cocok dengan situasi dari masalah yang akan Anda selesaikan dan situasi kehidupan Anda? Jika hanya ada satu pilihan, kemungkinan Anda bisa membuat keputusan yang jelas.
  • Konsekuensi. Apa kekurangan atau kelemahan dari pilihan-pilihan Anda? Siapa saja yang akan terpengaruh dan bagaimana? Bagaimana kemungkinan pilihan Anda berefek pada hidup, keuangan, dan hubungan Anda?
  •  Renungkan. Pikirkan keputusan yang akan Anda buat. Bagaimana rasanya jika tidak membuat pilihan? Apakah keputusan yang sedang Anda pertimbangkan itu bersifat permanen atau bisa diperbaiki.
  •  Pikirkan secara menyeluruh. Penting untuk mempertimbangkan semua pilihan, pikirkan secara cermat dan lakukan proses untuk membuat keputusan yang baik. semakin penting keputusan, semakin penting proses untuk membuat keputusan.
Sumber : Femi Olivi, 2010. Visual Mapping. PT. Gramedia. Jakarta

-Semoga Bermanfaat-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Karakteristik dan Unsur yang diKaji dalam Penelitian Tindakan Kelas