SILABUS METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
1.
|
Nama Mata Kuliah
|
:
Metodologi Penelitian Pendidikan
|
2.
|
Kode Mata Kuliah
|
:
MPB.0104
|
3.
|
Jumlah SKS
|
:
3 SKS
|
4.
|
Semester
|
:
IV
|
5.
|
Kelompok Mata Kuliah
|
:
Mata Kuliah Prilaku Berkarya
|
6.
|
Prodi-Konsentrasi
|
:
Manajemen
Pendidikan Islam
|
7.
|
Status Mata Kuliah
|
:
Wajib
|
8.
|
Prasyarat
|
:
|
9.
|
Dosen
|
:
Khairul Wahyudi
|
B.
TUJUAN MATA KULIAH
Secara umum mata kuliah ini
bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan
tentang konsep dasar dan praktik
penelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat:
1.
memahami konsep dasar penelitian pendidikan;
2.
memahami konsep ragam penelitian pendidikan;
3.
memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif;
4.
memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif;
5.
memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas;
6.
memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.
C.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah kebahasaan membahas secara
mendalam konsep penelitian
pendidikan khususnya
dalam
lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu,
materi mata kuliah ini
pada dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis
pelaksanaan
penelitian
pendidikan dari
tahap perumusan masalah
hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi
pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep
dasar
penelitian
pendidikan,
(2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses
pelaksanaan penelitian
kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian
kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6)
strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari
mata
kuliah
ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.
D.
PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan berbagai metode dan teknik
pembelajaran.
Metode dan teknik pembelajaran yang dipilih adalah metode dan teknik pembelajaran yang bersifat interaktif
yang mengacu pada model pembelajaran
kooperatif dan kontekstual.
Pada proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk menemukan konsep
keilmuan secara mandiri maupun secara
kelompok. Oleh sebab itu, model learning from presentation
akan digunakan sebagai model inti dalam pembelajaran yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti
model curah pendapat,
inquiry,
discovery
dan kooperatif. Teknik diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.
E.
EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN / PENILAIAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis
dan bentuk. Jenis evaluasi
yang digunakan dalam mata kuliah ini
adalah:
1)
Kehadiran mahsiswa / tatap muka 25 %
2)
Keaktifan dan kreatifan Mahasiswa dalam dalam mengikuti
perkuliahan 15 %
3)
Tugas / penulisan makalah / melakukan penelitian 20 %
4)
Ujian Tengah Semester (UTS) 20 %
5)
Ujian Akhir Semester (UAS) 20 %
Bentuk evaluasi yang
digunakan adalah Ujian Tulis, Ujian Lisan, dan Ujian Perbuatan.
F.
RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
Sejalan dengan tujuan perkuliahan
di atas, pokok-pokok substansi kajian mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
Pertemuan 1 :
KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN
1.
Pengertian penelitian pendidikan
2.
Rasionalisasi perlunya penelitian
3.
Tujuan penelitian pendidikan
4.
Fungsi penelitian pendidikan
5.
Proses penelitian pendidikan
6.
Beberapa keterbatasan penelitian pendidikan
Pertemuan 2 : RAGAM PENELITIAN PENDIDIKAN
1.
Metodologi dan metode penelitian
2.
Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
3.
Jenis lingkup penelitian pendidikan
Pertemuan 3 : KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
1.
Pengertian penelitian kuantitatif
2.
Prosedur penelitian kuantitatif
3.
Dimensi-dimensi penelitian kuantitatif
Pertemuan 4-5 :
PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
1. Variabel, definisi operasional, dan instrumen penelitian
2. Data sumber data penelitian
3. Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan
simpulan
Pertemuan 6-7 : PENELITIAN EKSPERIMEN
1.
Konsep dan proses penelitian eksperimen
2.
Pengolahan data penelitian eksperimen
Pertemuan 8 : UJIAN TENGAH SEMESTER
Pertemuan 9-10 : PENELITIAN
KUALITATIF
1.
Konsepdasarpenelitiankualitatif
2.
Tahapanpenelitiankualitatif
3.
Data penelitiankualitatif
Pertemuan 11 : PENGUMPULAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
1. Observasi
2. Wawancara
3. Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik pengumpulan
data
Pertemuan 12
: ANALISIS
DATA KUALITATIF
1.
Konsep analisis data kualitatif
2.
Penafsiran
data kualitatif
3.
Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus
Pertemuan 13
: PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.
Konsep Dasar PTK
2.
Model
Pelaksanaan PTK
Pertemuan 14-15 : MENYUSUN PROPOSAL DAN LAPORAN
PENELITIAN
a. Proposal Penelitian
b.
Laporan Penelitian
Pertemuan 16 : UJIAN AKHIR SEMESTER
Komentar