SILABUS METODE PENELITIAN PENDIDIKAN




A.   IDENTITAS MATA KULIAH


1.
Nama Mata Kuliah
: Metodologi Penelitian Pendidikan
2.
Kode Mata Kuliah
: MPB.0104
3.
Jumlah SKS
: 3 SKS
4.
Semester
: IV
5.
Kelompok Mata Kuliah
: Mata Kuliah Prilaku Berkarya
6.
Prodi-Konsentrasi
: Manajemen Pendidikan Islam
7.
Status Mata Kuliah
: Wajib
8.
Prasyarat
:
9.
Dosen
: Khairul Wahyudi

B.   TUJUAN MATA KULIAH
Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan  tentang  konsep  dasar dan praktik  penelitian  pendidikan  baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat:
1.    memahami konsep dasar penelitian pendidikan;
2.    memahami konsep ragam penelitian pendidikan;
3.    memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif;
4.    memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif;
5.    memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas;
6.    memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.

C.   DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada   dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari  tahap  perumusan  masalah  hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep  dasar  penelitian  pendidikan,  (2)  ragam  penelitian  pendidikan,  (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah  ini, mahasiswa  diharapkan   mampu  memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian  di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.


D.   PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.  Metode dan teknik pembelajaran yang dipilih adalah metode dan teknik pembelajaran yang bersifat interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan kontekstual.
Pada proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk menemukan konsep keilmuan secara mandiri maupun secara kelompok. Oleh sebab itu, model learning from presentation  akan digunakan sebagai model inti dalam pembelajaran yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti  model  curah  pendapat,  inquiry,  discovery  dan  kooperatif.  Teknik diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

E.    EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN / PENILAIAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah:

1)   Kehadiran mahsiswa / tatap muka 25 %
2)   Keaktifan dan kreatifan Mahasiswa dalam dalam mengikuti perkuliahan 15 %
3)   Tugas / penulisan makalah / melakukan penelitian 20 %
4)   Ujian Tengah Semester (UTS) 20 %
5)   Ujian Akhir Semester (UAS) 20 %

Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Ujian Lisan, dan Ujian Perbuatan.

F.    RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN

Sejalan dengan tujuan perkuliahan di atas, pokok-pokok substansi kajian mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.

Pertemuan 1             : KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN
1.    Pengertian penelitian pendidikan
2.    Rasionalisasi perlunya penelitian
3.    Tujuan penelitian pendidikan
4.    Fungsi penelitian pendidikan
5.    Proses penelitian pendidikan
6.    Beberapa keterbatasan penelitian pendidikan

Pertemuan 2             : RAGAM PENELITIAN PENDIDIKAN
1.    Metodologi dan metode penelitian
2.    Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
3.    Jenis lingkup penelitian pendidikan

Pertemuan 3             : KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
1.   Pengertian penelitian kuantitatif
2.   Prosedur penelitian kuantitatif
3.   Dimensi-dimensi penelitian kuantitatif


Pertemuan 4-5          : PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
1.   Variabel, definisi operasional, dan instrumen penelitian
2.   Data sumber data penelitian
3.   Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan simpulan

Pertemuan 6-7          : PENELITIAN EKSPERIMEN
1.   Konsep dan proses penelitian eksperimen
2.   Pengolahan data penelitian eksperimen

Pertemuan 8             : UJIAN TENGAH SEMESTER

Pertemuan 9-10        : PENELITIAN KUALITATIF
1.   Konsepdasarpenelitiankualitatif
2.   Tahapanpenelitiankualitatif
3.   Data penelitiankualitatif

Pertemuan 11            : PENGUMPULAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
1.   Observasi
2.   Wawancara
3.   Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik pengumpulan data

Pertemuan 12            : ANALISIS DATA KUALITATIF
1.   Konsep analisis data kualitatif
2.   Penafsiran data kualitatif
3.   Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus
Pertemuan 13             : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.   Konsep Dasar PTK
2.   Model Pelaksanaan PTK


Pertemuan 14-15        : MENYUSUN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN

a.   Proposal Penelitian
b.   Laporan Penelitian

Pertemuan 16              : UJIAN AKHIR SEMESTER
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Karakteristik dan Unsur yang diKaji dalam Penelitian Tindakan Kelas