Tujuh Kesalahan Berbisnis



Pengalaman adalah guru terbaik. Itulah kenapa mereka yang minim pengalaman sering melakukan kesalahan. Termasuk dalam bidang usaha. Umumnya mereka banyak melakukan kesalahan.

Dana Brownlee, Professional Training & Coaching dari Professionalism Matter Inc, Atlanta menilai, umumnya para entrepreneur pemula ini gagal dalam tahun pertama usahanya. Brownlee, yang lebih dari satu dekade banyak melatih para usahawan ini melihat ada kesalahan yang umum pada entrepreneur pemula. Dia merangkumnya ada 7 kesalahan umum pada mereka.

1. Tak Menyiapkan Dana Cadangan untuk Kehidupan Pribadi.
   Banyak usaha pemula tak layak model bisnisnya. Sehingga bisnis yang mereka jalankan tak segera menghasilkan laba. Sehingga operasona usaha makin menggerus kas usaha dan bahkan dompet pribadi ikut mengempis. Akibatnya usahanya gagal.
   Maka, siapkan dana pribadi yang cukup untuk pribadi selama bisnis anda masih dalam tahap startup alias rintisan.

2. Terlalu Optimis dengan Asumsi Sendiri
     Banyak pengusaha pemula terlalu yakin dengan rencana bisnis, tanpa memvalidasi ide usahanya. Mereka memiliki rencana besar dan yakin jika usahanya itu akan berjalan sesuai rencana. Tapi kenyataan di lapangan seringkali jauh dari rencana.
   Maka, validasi ide usaha anda. Ungkapkan rencana bisnis anda dan tanyakan apakah mereka membutuhkan layanan/produk yang akan anda buat.

3. Tak Mengevaluasi Model Bisnis
    Tak semua model bisnis bisa dijalankan dalam tiap bisnis. Sangat mudah membayangkan model bisnis untuk dijalankan dalam bisnis. Ide bisnis yang bagus dan besar, belum tentu bisa berjalan bagus jika model bisnisnya tak cocok.
    Maka, cobalah beberapa model bisnis selama awal usaha anda. Temukan model bisnis yang paling menguntungkan.

4. Melakukan Semuanya Sendiri untuk Menghemat Uang
Jika semua dilakukan sendiri, maka energi dan waktu akan terkuras. Selain itu, apa yang lakukan tak akan optimal karena mustahil seseorang bisa ahli dalam semua bidang. Mencari rekan yang menutup kekurangan anda bisa menjadi sebuah sinergi.
Maka, kenalilah diri . Bidang yang yang memang dikuasai ditangani sendiri sedangkan yang tak dikuasai dialih dayakan.

5. Enggan Bekerja Keras
Mereka yang sukses biasanya kerja keras saat awal-awal membangun usaha. Bahkan tak jarang, siang malam waktu habis untuk urusan usaha. Tak sedikit pengusaha jasa kerja keras tanpa bayaran demi menggaet pelanggan. Maka, jika angan jadi pengusaha adalah hal-hal yang enak, mending pupuskan angan itu.


6. Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi Pasang Harga
Jika produk/jasa yang ditawarkan terlalu tinggi dibanding kompetitor, tentu konsumen akan enggan membelinya. Apalagi jika produk/jasa yang lebih mahal ini tanpa kelebihan. Harga terlalu rendah juga berbahaya. Sering produk/jasa dengan harga miring kurang dipercaya karena tak jelas kualitasnya.
Maka, riset pasar, telitilah pasar sebelum terjun. Sesuaikan antara harga, kualitas produk.jasa dengan persaingan pasar

7. Tak Memiliki Strategi Pertumbuhan
Ada banyak kasus, pada bisnis makanan, setelah sebuah rumah makan besar, maka dia akan membuka cabang dan berharap tumbuh. Tapi yang terjadi justru rumah makan yang banyak malah menghasilkan kualitas yang makin buruk, kehilangan pelanggan dan malah ambruk. Banyak pengusaha amatir berpikir, pertumbuhan terjadi seiring dengan kuantitas. Tapi kenyataannya, saat usaha tumbuh banyak, maka tantangannya sudah berbeda. Maka, pikirkan bagaimana usaha akan tumbuh dan strategi apa yang sesuai dijalankan selama masa pertumbuhan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Karakteristik dan Unsur yang diKaji dalam Penelitian Tindakan Kelas